Beasiswa CIMB Niaga Overseas 2011

Update 26-05-2011 : Pengumuman Jadwal dan Lokasi Tes Untuk Wilayah Jabodetabek Bisa di Lihat di Facebook CIMB Indonesia.

Update 20 Mei 2011 Announcement is out : Result Here

UPDATED 13 April 2011!

Application is opened! Starting from 9 April and will be closed on 14 Mei 2011.

Link :

Salam kenal, saya Bintang Pamungkas, alumni SMA Negeri 6 Bogor tahun 2010 dari 12 IPA 2. Kini saya melanjutkan studi di University of Malaya dengan full scholarship dari CIMB Niaga. Dengan ini, saya mengajak semua pelajar SMA Negeri 6 Bogor kelas 12 IPA maupun IPS untuk turut serta mengikuti peluang yang terbuka lebar ini. Saya sengaja menulis post ini karena saya tidak bisa menghadiri Campus Expo yang diselenggarakan oleh alumni lainnya. Semoga membantu.

Sekilas Tentang Program Beasiswa CIMB Niaga Overseas

Tahun 2011 ini, program ini akan dibuka pada bulan Maret. Nanti akan ada penjelasan lebih lanjut di web CIMB Niaga (link ada di akhir artikel) mengenai cara pendaftaran dan syarat-syarat lengkap untuk mengikuti seleksi. Beasiswa mencakup uang kuliah, asrama, uang bulanan, laptop, asuransi kesehatan, visa, tiket PP Malaysia-Indonesia tiap satu tahun sekali, dan lain lain yang masih berhubungan dengan kepentingan studi. Setelah selesai dari program beasiswa ini, penerima beasiswa akan ditampung untuk kerja di CIMB Niaga selama 4 tahun (berdasarkan kontrak saya, mungkin akan ada perubahan, mungkin juga tetap). Jadi, overall, beasiswa ini sangat bagus dan menjanjikan. FYI, beasiswa Full untuk S1 adalah sangat jarang untuk ditemukan, jadi jangan lewatkan kesempatan emas yang mungkin menjadi milikmu ini.😀

Malaysia? Errrr

Buat yang ga yakin dengan kualitas pendidikan di Malaysia, silahkan cek Ranking yang dibuat oleh Times Higher Education yang menggunakan metodologi yang masuk akal. Download file pdf : Klik di sini.

Dua Universitas yang ditawarkan oleh CIMB adalah dua Universitas Negeri terbaik di Malaysia. University of Malaya dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Berdasarkan ranking yang saya sebutkan di atas, berikut adalah peringkatnya secara agregat :

207. University of Malaya

236. University of Indonesia

263. Universiti Kebangsaan Malaysia

321. UGM

Sedikit info bagi kalian, angkatan ke 3 dari program ini terdiri dari 5 orang, salah satunya saya. 2 orang teman saya, meninggalkan FTSL ITB dan FTMD ITB untuk belajar di Malaysia. Kenapa? Karena setelah konsultasi ke dosen pembimbing mereka, dosen mereka mengatakan untuk mengambil beasiswa ini. Lagipula, setelah lulus dari beasiswa ini, kita langsung ditampung kerja di CIMB Niaga, bank terbesar ke 5 di Indonesia. Jadi ga perlu takut jadi pengangguran berpendidikan.

Sekarang, udah sedikit ada gambaran dong mengenai kualitas Universitas yang ditawarkan?🙂

Malaysia? Di siksa? Ngeselin? Mari berpikir luas

Kehidupan gw di sini, tentram. Teman-teman gw yang dari Malaysia, semuanya welcome sama student dari Indonesia. As long as we respect them, we got their respect too. Tapi, sama aja kaya di Indonesia, ada yang ngeselin, ada yang baik. Seiring waktu berjalan, lw akan betah kok di sini. Public transportation jauh lebih baik dari KRL Ekonomi Bogor-Jakarta, bus juga lebih baik daripada bus Baranangsiang – Parung.😛

Jadi, asumsi orang-orang kalau Malaysia itu semuanya rese, itu salah. Itu generalisasi kalau kata guru Bahasa Indonesia. Karena pada faktanya, memang ada yang rese, tapi banyak yang baik.

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia maupun PPI UM dan PPI UKM akan terasa seperti saudara, bisa dijamin, nemuin orang Indonesia di sini ga susah.

Bahasa?

Bahasa Melayu lumayan mudah untuk dipahami, tapi buat belajar ngomong agak susah. Tapi, basically, you just need your english to live here. Hampir semua orang, dari mulai Dosen sampai supir bus bahkan penjaga kantin ngerti Bahasa Inggris. So, bahasa? Bukan masalah deh.

Begitulah gambaran mengenai kualitas pendidikan di Malaysia dan kehidupan di sini. Oh iya, ga usah kuatir kelaperan, duit bulanan dari beasiswa cukup buat nyicil BB Torch atau travelling ke Singapore.😛

Seleksinya?

Waktu gw seleksi dulu, ada 8 tahap proses seleksi, semuanya sebagai berikut :

1. Paper Screening Test (Seleksi berdasarkan nilai UN dan prestasi akademik maupun non-akademik)

Minimal rata-rata nilai UAN yang diminta adalah 8.00, semakin tinggi semakin bagus. Dan semakin banyak prestasi di bidang akademik maupun non-akademik akan menambah nilai dan tentunya kesempatan untuk lolos, jadi masukin sebanyak-banyaknya sertifikat yang lw punya dari SD,SMP,SMA, semua!

2.English Test dan Tes Potensi Akademik

English test di sini, ga jauh beda lah sama yang sering kalian hadapi di sekolah, bahkan lebih susah yang dikasih sama Mr.Iksan. Cuma, perlu sedikit ketelitian pas ngerjainnya. TPA? Gampang banget.

3.Focus Group Discussion

Di sini, akan dibentuk group, dan masing-masing group diberi suatu masalah untuk dirundingkan. Waktu gw dulu, gw disuruh buat PENSI, dan gw dengan modal nekat ngajuin diri sebagai ketua panitia, padahal tau sendiri kan SMA kita ga pernah ngadain Pensi?😛 Di sini, berusahalah untuk memberi solusi, jadi penengah ketika ada yang debat terlalu lama, tawarkan solusi dan buat keputusan.

4. Interview

Tahap selanjutnya, tahap paling gila pembantaiannya, peserta seleksi menurun drastis dari sini. Tips? Senyum, dengarkan pertanyaan baik-baik, jawab dengan efektif dan jujur. Itu aja, jangan nekat ngebohong ke pewawancara, mereka professional.

5. Psikotest

Sampai tahap ini, di region Jabodetabek, tinggal 11 orang yang tersisa. Psikotest akan menguji kemampuan berpikir, dan mengetahui mental dan sifat kita, jadi ga ada yang bisa di prepare, siapin fisik dan doa aja biar fit dan pede pas ngerjain. Yang penting, pas ngerjain, fokus, tenang dan tawakal.

6. TOEFL Test

Takut? Down? Ga perlu!! TOEFL yang digunakan waktu jaman gw adalah TOEFL iBT alias Internet Based Test bukan Paper Based Test yang biasa diajarin sama tempat les inggris. Silahkan google untuk info lebih lanjut mengenai iBT. Satu hal yang gw rasain adalah, iBT jauuuh lebih gampang, lebih ke practical English dibanding Grammar.

7. Interview (Lagi)

Waktu jaman gw, 3 orang dari kawasan Jabodetabek diwawancara langsung oleh utusan CIMB Group dari Malaysia. Interview kali ini katanya sih cuma untuk mengenal lebih jauh. Tapi, tetep aja pasti deg-degan pas ngalaminnya😀

8. Pendaftaran ke Universitas di Malaysia

Kalau lulus semua seleksi, nanti lw akan didaftarin ke Universitas di Malaysia. Di UKM dan UM. Yang diperlukan adalah doa, doa, dan ibadah tentunya. Hanya Tuhan YME yang bisa bantu kalau udah sejauh ini. Good luck.

Ada pertanyaan? Feel free to comment🙂

Kepada Kandidat Area Jabodetabek,

Dengan ini, kami mengundang untuk hadir dalam proses seleksi CIMB Niaga kedua (Tes Umum) yang akan dilaksanakan pada,

Hari/ Tanggal            : Senin, 30 Mei 2011

Waktu                         : Pukul 08.00 s.d selesai

Tempat                       : Gedung Jakarta Design Center (JDC)

                                       Jalan Gatot Subroto Kav 53

                                       Jakarta Pusat 10260

Kandidat wajib membawa dokumen asli dan copy untuk verifikasi data yaitu,

  1. Foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar
  2. Kartu Identitas Diri (Passport/KTP/SIM atau Kartu Pelajar)
  3. Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Nilai Rapor 3 semester Terakhir

Jadual test untuk area lainnya akan diinformasikan kemudian.

Jika terdapat pertanyaan dapat menghubungi Tupon Setiawan (021-2505151 ext-34009) atau email cimbniagascholarship@cimbniaga.co.id.

Terima kasih

Komite Beasiswa CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk

231 thoughts on “Beasiswa CIMB Niaga Overseas 2011

  1. kak waktu zaman lw dulu, pas paper screening test selain nilai un, lw nyantumin nilai apalagi ? nyantumin prestasi akademis ma non akademis gak ?

    • Waktu itu gw nyantumin nilai UN, dan sertifikat English gw, dan juga prestasi non-akademis. Pokoknya kalau ada yang bagus, cantumin aja. hhe

  2. So glad and proud of you, dek.🙂
    Kasih tahu saya juga dong kalau kamu nerbitin ini, kan saya bisa kasih tautan di blog saya, agar mereka juga bisa baca tulisan kamu ini😀
    Ayo berbagi ke adik-adik kelas agar merasakan kegembiraan kita juga.

  3. terima ksh bgt ya buat infonya…!!! trima ksh bgt ud mw berbagi pengalaman., sangat berharga n sgt membantu…
    Ternyta byk juga ya tahap seleksi ny..?1 blm di test ud deg-degan ni.., hha. tapi ttp optimis… Tolong ya jika ada info slnjut nya. trims…

    • Kemungkinan besar 2012 program ini masih terus berlanjut kok, stay tune terus ya keep updated🙂 sekarang fokus aja dulu ke pelajaran2 SMA biar nilai rapot dan UAN tahun depan bagus😀

  4. kak bintang🙂 mau nanya. Skrg kan malah udah mau akhir maret ni,pndftaranny udaa dibukak blom? Trus kalo ad info ttg ini kirim ke email aku ya ka thanks a lot before🙂

  5. kak sekarang sudah tanggal 23 maret tapi belum ada pengumuman pendaftaran tahun ini? apa diundur ? & kalo kakak punya informasi tolong kirim ke email saya. terima kasih

    • sabar aja dulu ya, kalau dibuka sekarang juga belum ada hasil UN kan? Jadi belum efektif juga. hhe
      fokus aja dulu ke UN🙂

    • belum ada kabar lagi nih, ditunggu aja dulu ya. Nanti kalau udah kabar saya update postnya.
      Untuk sementara, fokus sama persiapan UN aja dulu, kan nanti nilai2 UN nya bakal kepake buat seleksi🙂

  6. mas…aq dari banyuwangi nih…salha satu guru les aq ad yg nyaranin buat ikut ini…tapi katanya ada yang k singapore juga?bner ga mas??
    trus kok smpe skrg ga ad info lgi ya??
    kalo misalx ada info tlong email aq dong mas….
    thank you

  7. mas…aq dari banyuwangi nih…salha satu guru les aq ad yg nyaranin buat ikut ini…tapi katanya ada yang k singapore juga?bner ga mas??
    trus kok smpe skrg ga ad info lgi ya??
    kalo misalx ada info tlong email aq dong mas….
    thank you

    • kalau yang ke singapore, setau saya itu program OCBC NISP deh.
      kalau info soal beasiswa CIMB Niaga, ditunggu dulu ya. Sekarang fokus ke UN aja dulu🙂 Semangat.😀

  8. kak, ak dari smakbo, kalo dari sekolah analis yang 4 tahun kayak ak masih bisa ikutan ga ya buat tahun ini?trus menurut kk nilai 3 semester yang dicantumkan itu, beserta nilai ak yang d kls 4 juga atau dari kls 2-kls 3 aja…tx bgt !

    • coba tanyakan ke yang handle beasiswanya aja ya, saya kalau sedetail itu kurang tau. kan yang berwenang yang handle beasiswa ini. hhe🙂

  9. Pingback: Beasiswa CIMB Niaga Overseas 2010 | AMYunus Journal
  10. uwiiiiih keren bgt..!!
    lanjutkan yak😀

    btw, aq jg tertarik stlh membaca tulisan km diatas, dan udh buka link nya juga….
    sayangnya, aq udh th akhir sekarang… lg cari beasiswa buat penlitian skripsi nih….

    beasiswa penelitian emg banyak, tp kebanyakan malah buat jurusan eksak.. sdangkan aq di sosial….

    kira2 km pny link ga yg bisa di share mengenai beasiswa penelitian itu….

    thanks ya..

    salam kenal🙂

    amelia

  11. Kak, mau tanya itu ada batasan tingkat ekonomi peserta gak? oya kak, kan aku udah ikut snmptn undangan, tetep bisa daftar beasiswa ini ga kak? makasih

    • Tingkat ekonomi peserta setau saya memang masuk sebagai bahan konsiderasi, tapi soal pembatasan, saya rasa tidak ada.
      SNMPTN undangan itu kaya PMDK kan ya? Masih bisa daftar kok, asal sedang tidak terikat beasiswa lainnya🙂

  12. Kak aku mau nanya, smuan data2 kayak piagam,rapot dll tu diupload semua ya kak?bukan di kirim pakek poas gt?trus yg rapot tu kak 3 smster trakhir dr sd smp sma ya?maf kak bnyak nanya mhon bantuannya🙂

    • Dari info yang di baca di websitenya gmana? Tahun ini sistemnya pakai e-registration kan? Coba dibaca lagi aja ya sampai detail2nya🙂
      3 semester terakhir itu semester selama di SMA saja dong.

      Semoga membantu ya🙂

  13. kak sya mau nanya nih kira2 biaya hidup yg dikasih cimb itu per minggu perbulan atau apa?
    Apakah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan kita disana?

  14. halo kak salam kenal, saya ingin tahu lebih dalam tentang pengalaman kakak mengikuti proses beasiswa ini, ada beberapa pertanyaan nih kak:
    1. Ingin sekedar tahu saja, kira kira jumlah pendaftarnya berapa ya?ribuan?
    2. Pada saat interview pertama, pertanyaan apa saja yang ditanyakan?

    terima kasih sebelumnya.

    • Salam kenal juga, jangan panggil kak dong -,- saya masih muda. haha
      Jumlah pendaftar waktu batch saya (tahun lalu) itu totalnya seluruh Indonesia ada seribu lebih, saya lupa jumlah persisnya, tapi ga sampe 2ribu.
      Mengenai interview, saya rasa itu confidential, jadi ga saya jawab ya🙂 Lagian biasanya beda-beda kok yg ditanyakan oleh tiap pewawancara, siapin diri aja🙂

  15. wah , sayA jd minder sama kaka ini . . . Kak , kira2 dbukanya kpan . . . UN dah rebes . . . Tp hasilnya tgl 16 mei , sya tnggu info.x . . . Hebat. . . Ninggalin ITb lg🙂

  16. ka aku mau nanya, di wesitenya itu diminta raport sd smp sma, nah terus yg dimaksud 3 semster terakhir itu rapot kita pas sma? rapot sd smp sma nya juga dilampirkan smua? makasih infonya ka…

  17. kak, kalau sma karena nilai UN belum keluar kita harus pakai rapor 3 semester terakhir. tapi kalau untuk sd dan smp itu harus attach rapor 3 semester terakhir. atau ijazah?.

  18. Aku udah kuliah, D3 di unair, tahun ini insya allah lulus, apa bisa ikut jd pendaftar? mohon bantuannya ya,, trima kasih banyak..

  19. oiya, ini ada informasi dari forum kaskus katanya kalau penerima beasiswa ini baru akan diumumkan Desember tahun 2011.waduhh lama sekali ya, itu sudah keburu kuliah dan bayar uang kuliah dulu deh. gimana pengalamannya Bintang *ga panggil kakak lagi* waktu itu?

  20. mas,yg dmnta kn rapor 3 semester trakhir mulai sd smp sma..
    utk sd smp yg d attch hrus rapor atau ijazah aja??bingung ni mas…
    mhon bntuanx ya…merci

    • mengenai itu saya kurang tau, mungkin boleh tanya ke kontak yang ada di official page aja langsung ya🙂 Maaf kurang bisa bantu kalau soal sistemnya.

  21. Informasi !
    kalau bisa meng-attach filenya seperti sertifikat penghargaan sudah menjadi pdf file, soalnya pas saya meng-attach file pake format jpg servernya tak mau menerima .

  22. oh, ya
    soal ini
    “pelamar tidak memiliki kesempatan untk melanjutkan k perg.tinggi” artinya yg blh ikt itu orang yg TDK daftr ke ptn/pts atau dlm segi ekonomi tdk mampu . . . Tlg pencerahanya

  23. kak mau nanya lg hehe🙂 yg rapot 3 smester terakhir tu kak di transkip ke bhasa english ngga kak?ap cman statement doank yg pakek b.inggris?

  24. kak mau nanya …
    kan ada tuh teman2 kak B.Pamungkas yang akhirnya mutusin untuk ninggalin kuliahnya di ITB. itu tu terjadi setelah dia masuk ITB dan mengikuti beberapa bulan perkuliahan atau masih dalam proses mendaftar di ITB?soalnya kan rugi seandainya kita melepas universitas yang dah kita pegang skrg, tapi pengumuman final beasiswa CIMBNiaga itu masih lama? baiknya gimana kak?

    • waktu itu dia masih kuliah di ITB, udah mau UTS, terus dapat pengumuman kalau keterima. Dia konsultasi ke dosennya di ITB, dikasih saran untuk ngambil beasiswanya. Terus cabut deh dari ITB. hhe

      Baiknya, kamu ambil yang pasti aja dulu. Toh ga ada ruginya nanti misalkan dapet juga kan gratis🙂

  25. kak mau nanya lagi. beasiswa yang dikasih itu ada syaratnya gak kak?misalnya, harus mencapai standar ipk tertentu gitu?terus, apa beasiswanya terus berlanjut sampai akhir meskipun nanti nilai kita awal2nya kurang bagus alias jatuh bangun. :p hehe. . .
    makasih jawabannya kak.🙂

    • Tahun saya, dari kalau tidak salah 1087 orang yang diterima 5 orang. Bisa diitung sendiri ya rasio nya🙂

  26. BAng beasiswa CIMB NIaga itu cuman buat yang kurang mampu ato gmana???apa yang kondisi ekonominya cukup boleh ikut??

    • Untuk semua🙂
      Tapi yang kurang mampu memang lebih diutamakan, tanpa mengesampingkan peluang untuk golongan yang mampu kok.

    • Tahun saya ada 5 orang diterima, tahun ini dari yang saya baca kuotanya belum ditentukan. Tetap optimis🙂

  27. mau nanya nih sama yang udah coba upload semua datanya.aku kan dah nyoba upload semua data yang diminta.tapi selalu aja dapat notive dari pihak cimb di email klw aku belum masukkan data apapun. padahal waktu register, udah ada tulisan “data has been saved”. itu maksudnya gimana ya? ada gk yang punya masalah sama kayak aku?
    mohon petunjuknya . . 😦

  28. mau nanya nih sama peserta yang udah upload datanya ke server cimb. aku udah register berulang2 dengan format file pdf, ,pg. tapi kok selalu dapat notive di email dari pihak cimb yg bilang klw aku belum upload apapun. apa emang kayak gitu ya?padahal tiap kali selesai save, muncul tulisan “data has been saved”. ada yang punya informasi kenapa bisa kyk gini?

    mohon petunjuknya . . .😦

  29. @dian : aku juga kayak gitu
    pdahal udah di upload dan kluar tulisan data has been saved tp ngga ada di webitenya aneh ya?eh km dpt email ga katanya trakhir upload data kmren ampe jm 10 dpt ga?

  30. @della : ak dapet kayk gitu, langsung panik dh..makanya jadi buru2 upload kmaren, tp kok nilai sma ak ga bisa k upload yaa?

  31. @ amanah : iya aku jg lgsg upload tp skitar jam 11 an hhu gmn dok?ak jg ngga bs upload yg awards sm rkening listrik itu

  32. Ka, saya mau nanya. Saya udah attached file-file saya ke situsnya. Terus pengumumannya itu kapan yah? peminat di tahun ajaran kaka banyak juga? Ka, minta nmr hapenya dong. email ya ke fahmi_hendriawan@yahoo.com cuma pengen nanya2 aja ka, soalnya kalo disini kan saya ga bisa banyak nanya udah gitu terbatas lagi kan yah waktunya. saya dari SMAN 9 Bogor loh kaa.. mohon bantuannya yah ka Fahmi

    • Pengumuman paper screening test biasanya 2 minggu atau lebih, dihitung dari penutupan pendaftaran. Peminat di tahun saya, seluruh Indonesia ada 1087

  33. Kak ada twitter / email yg bisa di hubungin ga ? aku mau nanya2 soal beasiswa ini, cuma agak ribet kalo nanyanya di comment. reply ya kak ! thankyou ;D

  34. ka. saya daftar tahun ini… mau nanya2 dikit., kalo di malaya yang bagus tuh jurusan apaan yah? kalo tekniknya yang bagus jurusan apa? dan prospek kerja nya yang gede waktu lulus tuh jurusan apa yah? mohon di balas disini dan berikan aku email mu..saya ingin yman biar bisa nanya2 gitu hehhehe thx b4… reph ya

    • Di UM? Kalau saya sih biasanya mengacu kepada rangking oleh Times Higher Education. Prospek kerja kan nanti insha Allah kita kerja di CIMB, jadi sebenernya ga perlu risau juga. Lagian, UM ini salah satu yang terbaik di Malaysia (kalau tidak mau dibilang sebagai yang terbaik)🙂

  35. kalau abang jurusan apa? terus kalo ambil teknik kerja di bank juga enggak…??

    terus yang pavorit di situ apa? misal kalo snmptn tuh di ui paling tinggi passing grade nya FK,kalo di um apaan bang? balas dong. hehhee

  36. kak mau nanya nie b.inggris menjadi prioritas utama pa g’, truz dalam persyaratan d sbutkan kartu identitas (paspor dan KTP/SIM kartu pelajar) truz untk paspornya pa hrus d sertakan jga atau nunggu panggilan /penggumuman

  37. Boleh minta nomer handphone/ym nya mas? Sy mau tanya yg lebih spesifik. Untuk rapot apa di scan semua ya? Ada yg dr rapot SD itu maksudnya gimana? Thanks before.

  38. adduuuhh,, malu dong jadi orang indonesia yg mw kuliah d malaysia….
    apa d negeri ini gak ada universitas yg bagus ? banyak toh ?
    beasiswa jg banyak toh d indonesia??
    maluuuuuuuuuuuu……..

    • Ada yang salah dengan kuliah di negara orang? Toh dulu orang malaysia dengan hati dan otak yang terbuka pun belajar di negeri kita, Indonesia.
      Rezeki saya dapat beasiswa di Malaysia, bukan di Indonesia. Ini jalan yang Tuhan pilihkan buat saya, dan saya tidak malu karena itu.
      Saatnya membuka hati dan otak.

      Terima kasih atas komentarnya🙂

      • mboten nopo2 mas. hehe sing legowo ae. hehe
        Persepsi orang kan memang beda-beda🙂

  39. kk . itu test nya sistem gugur langsung pengumuman stlah test satu baru lanjut k test berikutnya atau ikutin smua test trus pengumuman ?

  40. ak mau nanya bagi yang ikut, aku bru upload datanya tgl 12, trus kok stelah di save gak ada notif apa2? malahan disuruhnya login lg, trus ngulang lg ngisi datanya, pdahal kan sdh berulang kali diisi.

  41. assalamualaikum.. Wah, udah mau dead line. Sy baru mau daftar. Akhi.. Wah, tesnya mengerikan juga ya.. Jdi pesertanya di tes di gedung konsulat gitu ya? Wah.. Kalo region sumatra di mana ya?

    • Region Sumatra ya? Saya kurang tau sih, tapi kemungkinan besar akan ada di kota-kota besar.
      Kalau lolos screening test, nanti biasanya dikasih tau kok🙂

    • tidak semua test menggunakan bahasa inggris, tapi bahasa inggris salah satu syarat dan sangat membantu🙂

  42. Hello Pamungkas,,, BAGUS BANGET MOTIVASINYA ,,,saya sudah mengumpulkan berkas untuk cimbniaga sayaa deg deg an takut tahap screening papernya saya ga diterima :”(

  43. kak saya adanya medali waktu menang pertandingan pencak silat, sama sertifikat jadi panitia kejuaraan pencak silat se jabodetabek, bisa di cantumin ga kak?

    • biasanya sekitar 1-2 minggu setelah ditutupnya pendaftaran. Dan untuk tahap-tahap selanjutnya 2 minggu setelah hari test biasanya.
      DItunggu sambil berdoa saja ya🙂

  44. permisi, mau tanya, jeda waktu pengumpulan terakhir screening paper sama pengumuman yg lolos ke babak selanjutnya kira kira berapa lama ya? hehe🙂

  45. Assalamu’alaikum
    kak saya mau nanya, dulu itu apakah kakak memang sudah bagus dan lancar bahasa inggrisnya dan nilai bahasa inggris di sekolahnya luar biasa???
    Apakah lawan-lawan kakak dulu memang orang-orang yang luar biasa???
    dijawab ya kak
    thanks

    • Waalaikumsalam Wr Wb,
      hmmmm, pertanyaan yang sulit. hehe
      Dulu saya bahasa inggrisnya bisa dibilang lumayan proficient lah, dan di sekolah juga termasuk yang terbaik dalam bahasa inggris. Saya pernah mewakili sekolah saya debat bahasa inggris juga.
      Lawan-lawan saya? Kalau dilihat dari yang sudah terpilih sekarang, dan beberapa orang yang bisa sampai tahapan akhir di seleksi (artinya tidak semua partisipan), bisa dibilang mereka memiliki kemampuan yang hebat dalam akademik dan juga bahasa inggris. Tapi, kalau mereka bisa luar biasa, kenapa kamu tidak bisa?🙂 Tetap semangat ya!😀

      • oh gitu ya kak…
        hmmmm, ngomong-ngomong dulu tu dari 1087 pelamar berapa yang tersisa setelah paper screening test kak??
        dan berapa yang tersisa pada setiap seleksinya??
        thx

      • wah soal itu saya lupa nomor pastinya🙂 Yang jelas yang lulus dari tes english ini masih lumayan banyak. Dan pas wawancara itu baru berkurang banyak. Ini tahun saya loh ya🙂

      • oi ya kak, apa biaya transportasi untuk melaksanakan 2nd test dibiayai oleh cimb niaga ??
        soalnya jauh banget kak saya harus pergi………….
        thx

      • Memang domisili kamu di mana? Biaya tes sayangnya tidak ditanggung oleh CIMB.
        Itu bagian dari pengorbanan, hehe, dulu temen-temen saya juga ada yang antar kota loh tes nya🙂

      • ohh gitu
        Saya tinggalnya di Sumatera Barat kak
        hmmm, emangnya tahun kemaren berapa orang yang akhirnya menerima scholarship dari Cimb Niaga itu sih kak???
        BTW, sekarang kakak di Malaysia kan?? Kendala apa aja yang kakak temui di negeri tetangga tu kak??
        thx

      • Terus kamu dapat tesnya di mana? Sumatera Barat kalau tidak salah di Medan ada kan ya?
        Tahun kemarin ada 5 orang yang sukses menerima scholarship dari CIMB Niaga untuk kuliah di Malaysia.
        Sekarang saya lagi di Indonesia, libur semester. Mengenai kendala, saya rasa tidak ada yang bener2 berarti lah, adaptasinya tidak terlalu sulit kok🙂

  46. kak, Alhamdulillah aku ketrima tahap pertama. do’ain yak. oy, mau tanya sebenere yang dibutuhin buat beasiswa ini berapa orang? aku baca sumber tapi kok beda-beda. trus klo udh lolos, tes nya dimana? oy, mnta tips kak buat ngadepin tes-tesnya. mksh..🙂

    • Alhamdulillah.🙂
      Jangan lupa minta doa ke orang tua juga, itu doa paling mujarab se dunia dan akhirat. hehe
      Mengenai quota beasiswanya, biasa dari awal memang belum ditentukan, jadi saya tidak bisa memberi jawaban yang tepat🙂
      Mengenai tempat tes, nanti dikabarin oleh pihak CIMB nya biasanya. Kalau tidak salah, tahun ini melalui email, jadi sering2 check email ya dekat-dekat ini😀
      Tips? Kan sudah disediakan tips singkat di post saya🙂

  47. kak.. mau nanya neh
    ini q kan udah lolos seleksi berkas
    tes pertama setelah seleksi berkas tu TPA kah ..??

    kakak waktu dulu, 1087 orang itu tesnya dikumpulin di 1 tempat kah
    q di kalimantan timur

    apa tes nya harus ke Jakarta gitu .??

    tolong balas lewat email ya kak
    thanks

    • balas lewat sini saja ya, sama dengan yang lain🙂
      Seleksi pertama adalah English Test, TPA dan Focus Group Discussion.
      Dulu 1087 orang itu seluruh Indonesia dan ga ditempatin di satu tempat untuk tesnya, alias tersebar di beberapa kota besar.

  48. ok.. gw mo say thanks banget nih sama yang nulis nih blog,
    gw lolos seleksi 1.
    lagi cari referensi buat tahap2 berikut nya.

    -yang terbaik bukan lah yang menang, tapi yang menang lah yang terbaik-
    GBU .

    • aduh, jangan bilang indon dong. Indonesia gitu. hehe
      Debat? Focus Group Discussion maksudnya? Beda loh sama debat. hehe itu waktu tahun saya sih menggunakan bahasa Indonesia🙂
      Dan interviewnya waktu tahun saya sih campur, ada bagian Englishnya dan ada juga yang menggunakan Bahasa Indonesia.

  49. perlu dicoba untuk menjadi orang yg luar biasa kayak mas bintang. apalagi nyobanya gratis. yg penting usaha maksimal dan doa maksimal terus tawakal. siapa tahu Allah menjadikan adik2 orang yg luar biasa. dari orangtua yg anaknya lagi ikut berjuang.

    • Saya bukan orang yg luar biasa pak, Ibu saya yang membuat saya bisa sampai di sini, beliau lah yang luar biasa🙂
      Saya doakan yang terbaik buat anaknya pak🙂

    • Grammar ada, bacaan ada dan vocab juga ada🙂
      Tes ini mirip dengan placement test kalau mau masuk les bahasa inggris🙂

  50. ok makasih kak… general english testnya ada listeningnya ga ya kak? trus jarak dari penguman sama tes beriktnya lagi tuh satu minggu ya??

  51. oiya kak antara english test, TPA sm FGD tu dalam satu hari itu diselesikan apa bertahap bbrapa hari gitu?

  52. permisi kak mau tanya, saya alhamdulillah lulus di paper screening test, yang mau saya tanyakan :
    1.) general test maksudnya gimana ya? materinya pelajaran umum atau gimana?
    2.) diinterviewnya pake bahasa inggris atau tidak?
    3.) penerima beasiswa cimb niaga ini ditentukan atau tidak jumalah penerimanya? kalau ditentukan kira2 berapa orang?
    maaf kak banyak tanya hehe😀
    terimakasih..

    • Hmmm, setau saya sih general test itu maksudnya mencakup English test, TPA dan FGD.
      diinterview biasanya menggunakan 2 bahasa, jadi bahasa inggris juga digunakan🙂
      kalau masalah kuota, saya belum bisa memberikan jawaban, daripada dibilang sok tau mendingan saya bilang kalau saya belum bisa menjawab ya🙂

  53. ka aku kan sudah lulus seleksi yang pertama kasih saran dong supaya lulus seleksi ke dua.kalo untuk rata2 nilai UN aku dapet 8 kok apalagi jurusan yang mau aku ambil kan Ekonomi dan nilai UN pelajaran ekonomi aku dapet 9.apakah ada peluang untuk lolos seleksi ke 2 ka?untuk tes TPA pake bahasa Indonesia apa bahasa Inggris?test bahasa inggrisnya susah ga?

    • Untuk nilai UN saya rasa tidak akan menjadi pertimbangan di tahap ke dua ini. Tapi nanti nilai akan dipakai untuk seleksi di universitasnya.
      Saran? Jalanan dengan sepenuh hati. Tes awal ini ga terlalu susah kok, kalau sudah terbiasa dengan English test dan TPA pasti akan merasakan kemudahan.
      Test bahasa inggrisnya ga susah kalau menurut saya, masih satu level dengan UAN lah bisa dibilang. Tipikal soalnya mirip dengan soal placement test kalau mau les bahasa inggris gitu. Semoga membantu🙂

  54. kak, saya dari wilayah sumatra, di pengumuman dapet tes nya di medan, tapi tanggal 30 kebetulan lagi ada di jakarta. bisa ikut yg regional jabodetabek?

  55. mas, menurut mas pribadi terlepas mas sebagai mahasiswa UM dan mas mungkin tidak menyukai bidang ekonomi , mas bakal milih UM/UKM atau STAN ? nuhun

  56. Mas, maw nanya nih. Ngejar IPK 3.00 tuh sulit gak? terus kalau pas interview bahasa inggrisnya sulit gak mas?

    Trima kasih sebelumnya😀

    • Seharusnya tidak. Karena 3.00 itu berarti nilainya B. Di mana B itu hanya sekitar 65% dari 100% nilai. Jadi asal berusaha keras pasti bisa🙂

  57. ini beneran udah dapet email jadwal yg region luar jabodetabek atau ambil kesimpulan sendiri? saya kok blm ya.

    • Saya rasa di web cimb niaga udah keluar deh semua pengumuman tempat dan jadwalnya. Silahkan di cek kalau belum tau🙂

  58. wah makasih ya infonya berguna banget buat tes besok, aku juga dari bogor, hebat banget ya bisa keterima. ayo semangat buat yg besok tes hehehe🙂

  59. kakak……. kalau di Malaysia itu mulai tahun ajaran barunya bula apa ya?
    kaka waktu itu berangkat bulan apa?
    di sana sempet ada ‘libur’ dulu sebelum mulai kuliah?

    • mulai tahun ini tahun ajaran barunya bulan September. Waktu itu saya masuk ke UM pas semester dua nya (second intake) jadi saya masuk bulan desember kemarin.
      Libur sebelum kuliah? Hmmm, bisa dibilang enggak sih kalau kamu nanti masuk september.

  60. Askum mas bintang. . . Hehehe nanya mulu jgn bosen y . . .
    Mau tanya d FGD yg dharapkan olh cimb adlh orang yg bnyk bicra atau orang yg staycool dlm artian g cerewet . . . Apa mas bntng dtrima gara2 ketpan ?? 5 orang itu cowo smua???

    • Waktu di FGD saya merasa saya berperan sebagai orang yang menengahi yang mengambil kesimpulan dan menjaga jalannya diskusi.
      Tapi ada juga teman saya yang aktif memberikan ide lolos dari tahapan itu.🙂
      Untuk tahun saya iya 5 orang cowo semua, biasanya sebelum-sebelumnya ga begitu kok. hhe

  61. ka,alhamdulilah aku lolos seleksi.nd klo ga salah,tahap slnjut’y klo lulus yaitu wawancara.
    kira2 jarak waktu u/ hasil’y brpa lama yaa???
    lumayaan deg2an juga nihh….
    oya,kiat2 apa aja yg kaka lakukan saat mnjalani proses seleksi agar bsa lolos??
    thanks before.🙂

  62. makasiihh…🙂
    tpi perjalanan masih panjaang…
    doain yaa smga ja aku bsa mewakili daerah bgor.
    hiihi….amin.🙂
    jarak waktu pengumuman’y setelah tes kira2 brpa lama ka???aku buka website’y tpi blom diperbarui..
    apa nunggu semua tes yg dikota2 lain selesai jugaa???

  63. kak,kemarin aku test yg regional jogja dan kayaknya ancur deh hasilnya hehe,tapi aku ada prestasi lumayan banyak kira2 bisa nutupin nilai jelek ga ya? hehehe -_-

  64. mas aaku dapet email balesan dari cimb niaga. disana congratulation.. buat saya lolos tes 2 dan d undang buat interview hari jumat nanti.. tapi di bawahnya ada lampiran jadwal interviewnya..
    pi kok nama saya ga ada ya?? ada 60 orang yang ada di jadwal…
    brarti saya keterima apa nggak ya mas??

    • Bisa dikonfirmasi saja ke yang berwenang.
      Dan kamu juga bisa check tanyain temen2 kamu ada yang ngalamin hal yang serupa atau tidak.
      Good luck.

  65. Maaf saya mau tanya..adik saya ikut beasiswa ini dan sekarang sedang ikut tahap ke 3 (puji Tuhan hehehe)..tapi waktu saya cek di pengumuman daftar nama org yang lolos tahap 1 namanya saja tidak ada..apakah bisa terjadi hal seperti itu?thx

  66. mas Pamungkas, para paserta yang telah lulus dalam selksi wawancara akan kemana? apakah akan ke jakarta?
    dan, apakah dalam pemilihan universitas langsung dimasukkan. atau kita harus dimasukkan dahulu dalam salah satu universitas?
    mas kan di UM, membutuhkan TOEFL, apakah mas Pamungkas mendapatkannya sebelum ke Malyaysia?

    • Setelah seleksi wawancara, kalau berdasarkan urutan tes tahun kemarin, akan ada psikotest. Dan waktu tahun kemarin, masih tetap per Regional. Jadi, belum akan ke Jakarta jika memang regional tesnya bukan di Jabodetabek.

      Setelah psikotest, nanti akan ada Tes TOEFL (mengacu kepada urutan tes tahun kemarin, tahun ini mungkin berubah, mungkin juga tidak), tes TOEFL ini nanti dari pihak penyeleksi juga yang aturkan. Kalau berdasarkan tahun lalu, tes TOEFL ini mengikuti jadwal tes yang diselenggarakan oleh ETS (Instansi Resmi untuk TOEFL) di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dsb.

      Pendaftaran universitas pun nanti dilakukan/dibantu oleh penyeleksi. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, ikuti saja semua prosedurnya dulu.🙂

      Semoga membantu.

  67. Mas… terima kasih atas sarannya.. saya sudah tes interview bebrapa hair yang lalu.. walau bahasa inggris saya patah2, pi bisa ngejawab pertanyaannya.. hehehe..

    ohh ya mas, mas gabung di universitasnya pas semester 2 ya??

    mmg programnya gitu atao gimana mas?

  68. Salam kenal dan mohon informasi lebih lanjut tentang:

    Kira-kira kapan para peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi tahun 2011 bisa diberangkan ke Malayasi?
    Bisakah diceritakan pengalaman Anda tentang proses pemberangkan dan masa-masa awal berada di Malaysia?

    Terima kasih

    • Salam Kenal juga Pak🙂

      Soal keberangkatan, mungkin sekitar awal September, karena mengingat semester baru akan di mulai pada awal September. Tapi ini hanya berdasarkan perkiraan saja, mungkin CIMB Niaga punya rencana lain mengenai pemberangkatan peserta yang dinyatakan lulus nantinya.

      Cerita tentang proses pemberangkatan? Setelah 5 orang dinyatakan lulus semua tahapan tes dan diterima di universitas di Malaysia, maka kami dipanggil ke Jakarta untuk acara “Serah-Terima” beasiswa ini, dan juga penandatanganan kontrak kami. Setelah itu, kami berlima diberangkatkan bersama-sama pada tanggal 18 September (seingat saya), berangkatnya kami di antar oleh pihak CIMB Niaga hingga ke Bandara dan sampai di Kuala Lumpur pun kami dijemput oleh pihak CIMB Malaysia dan setelah itu langsung menuju ke asrama Universitas, tempat kami akan tinggal di sana.

      Masa-masa awal berada di Malaysia, masih seperti turis kalau boleh dibilang, hehe. Masih banyak jalan-jalan dan mengenal lingkungan dan juga orang sekitar. Bergaul dengan orang-orang yang ditemui. After all, semuanya pengalaman baru yang berharga. Adaptasi tidaklah terlalu sulit, komunikasi bukan jadi masalah di Malaysia, makanan juga, cuaca juga tidak jauh beda.

      Jangan sungkan kalau ada pertanyaan lain, Pak🙂

      • Terima kasih atas tanggapannya dan saya ikut berbangga hati karena adik (Maaf, saya panggil Adik) termasuk salah seorang yang beruntung dapat lolos dari proses seleksi yang demikian ketat dan tidak mudah
        Saya adalah orang tua dari salah seorang peserta seleksi program ini tinggal di Kuningan Jawa Barat.
        Alhamdulillah, hari ini (Kamis, 16 Juni 2011) anak saya mendapat panggilan untuk mengikuti seleksi wawancara, mudah-mudahan anak saya bisa menyusul jejak Adik di Malaysia. Tampaknya dia punya mimpi yang sama dengan Adik untuk bisa kuliah di Malaysia
        Salam dan sukses selalu!

    • kalau yang sampai tahap akhir, alias 5 orang yang diterima, tidak ada yang dari SMK.
      Tapi kalau sampai pada tahap2 tertentu, ada kok.

  69. kak, mau tanya..
    Stlah interview yg prtama d srbaya,alhamdulillah sy lolos..
    Tp jarak 3hr gt ada interview lg d kota tmpt sy tinggal (bukan srbaya kak)..
    Itu kira2 bedanya ap ya kak? Ap sperti yang kakak blg kalau ada orang dr cimb malaysia itu kak?
    Terima kasih kak sebelumnya

  70. mau tanya donk adik saya sudah sampai tahap interview.setelah ini katany akan ada tes Toefl.tapi kira2 brp lama ya pengumuman lolos tahap interviewnya biasanya?

    • sekitar 2 minggu atau lebih mungkin. Yang jelas kalau memang lolos, akan dikabari oleh pihak CIMB🙂

  71. mau tanya lg donk hehehe..waktu dl kakak ada org cimb survey ke rumah gt ga dtg ya?hehehe..soalnya dd ak abis interview ke 2 nie bsknya ad adr cimb dtg ke rumah survey ktnya hehehee..

  72. kak aku alhamdulillah lolos sampe final interview.. final interview itu nanti bakal ditanyain apa ya kira kira? kao gak salah abis lolos final interview itu tes kesehatan n toefl ya/ cmiiw

  73. mas, saya sudah lulus ampe tahap 5, tahap 4 yang berupa interview ke 2 sudah lolos. tetapi sepertinya Tahap seleksi tahun ini berubah TOTAL, dilihat dari jumlah peserta TAhun ini yang hanya 600. dan tahap 5 saya ini adalah tahap interview final yang diadakan di jakarta. berarti ini tes terakhir atau apa mas? apakah interview final ini adalah akhir tesnya utk TAHUN ini? kalo tahun lalu, yg Interview di tahap 7 itu bagaimana mas? apakah yang biasa ditanyanya mas ?

    Terima kasih. mohon maaf jika ada salah kata mas😀

    • Koreksi, 600 orang itu setelah Paper Screening Test, total pendaftar ada 6ribu orang. Ini saya dengar langsung dari pihak CIMB nya.
      Interview akhir mungkin jadi tahap terakhir sebelum TOEFL dan pendaftaran ke Universitas. Kalau masalah yang biasa ditanya apa, saya ga bisa jawab🙂

    • Jangan pesimis, kalau memang ini rezeki, pasti dimudahkan oleh Allah Swt🙂
      Pasang mindset optimis, kerjakan sebaik2nya. Good luck.

  74. kak TEST TOEFL IBT susah nggak? tanggal 23 saya test kak , tapi pesimis bisa dapet 550 , terus qualified yang diterima dari pihak UMnya mereka biasanya lihat dari apanya ya kak dari nilai ijazah atau apa?? terima kasih

    • Jangan pesimis! Harus optimis, kerjakan sebaik2nya, dan berdoa!🙂
      UM setahu saya, melihat Nilai Raport dan Ijazah. Ga masalah kamu dari SMK juga, itu tidak membedakan peluang dengan yang SMA kok.
      Good luck ya!

  75. kak bintang saya firman dari sidoarjo…saya toefl hanya 74,,bagaimana ya kak???…apa ada possibility diterima di UKM???….kalo Um kan minimal 79…tahun 2011 yang nilainya lebih dari 79 ada 3 anak kak./..yang dapet lebih dari 70 ada 2 anak……(BARUSAN AJA PENGUMUMAN NILAI TOEFL KAK)..saya juga bingung akk,..saya sudah positive di HI ugm,…ada sarankah kak??

    • Halo Firman, kalau dilihat dari tahun lalu sih memang yang TOEFLnya dibawah 550 masih bisa diterima di UKM. Jadi possibility selalu ada. Namun, saya tidak bisa menjanjikan bahwa tahun ini akan sama dengan tahun lalu. Semua bergantung kepada komite. Karena kalaupun diterima di universitas, masih mungkin ditolak komite.
      Tapi jangan takut, kemungkinan masih ada dan masih besar. Saya cuma memberitahu kamu secara dua kemungkinan aja. Jadi intinya, kamu masih berpeluang di UKM.

      Kalau memang sudah diterima di HI UGM, ambil aja dulu. Karena tidak ada jaminan yang CIMB ini bakal tembus. Kalaupun nanti memang diterima, toh UGMnya bisa dilepas. Gapapalah ilang duit sedikit dibanding kamu gratis sekolah di luar negeri. Tapi ini saran dari saya saja, keputusan akhir ada di kamu.

      Tetap semangat tetap berdoa ya😀

  76. Halo Kak Bintang..
    Wah terima kasih banyak lho kak Bintang atas informasi yang bermanfaat buat saya kak. Oh ya kak,berarti emang final decision ada di tangan para komite CIMB Foundation ya kak ? Semoga saja kak , tapi keputusan apapun dari CIMB akan saya terima dengan qonaah kok kak..Hehehehhe..Semoga saja saya dikasih Allah kesempatan supaya bisa menyusul Kak Bintang di Malaysia. By the way, Kak Bintang kuliah di UM jurusan Computer Science ya kak??wah hebat..semoga selalu sukses dan lancar dalam menempuh study dan kehidupannya kak. Amin

    Kalau boleh tahu , Kak Bintang tahun kemarin memulai perkuliahan bulan apa ya kak?Teman-teman kak Bintang yang berkuliah di UKM itu score TOEFL-nya berapa ya kak?

    Yah Kak, terima kasih banyak atas saran yang enlightening buat saya. Yah kak,saya akan memulai perkuliahan di HI UGM juga kok bulan depan kak. .Yah kak,siapa coba yang kagak mau beasiswa full and guaranteed future ya kak?.Hehehhe

    Yah Kak,Terima kasih buat motivasinya dan wise advice yang useful buat saya
    . Sipp bener dech Kak Bintang neuy..Sukses dan semangat selalu kak..Keep inspiring yah..

    Selamat Menjalankan Ibadah Puasa kak
    Semoga lancar selalu dan dimudahkan oleh Allah SWT

    • Amin, terima kasih Firman doanya🙂

      Saya memulai perkuliahan di UM pada bulan Januari, tetapi teman-teman saya di UKM memulai pada bulan September, karena di UKM waktu itu ada Pre-University dulu 3 bulan (semacam persiapan lah).
      Teman-teman seangkatan saya yang di UKM TOEFLnya ada satu orang yang di atas 550 tapi dia tidak mendaftar UM, dan ada dua orang yang TOEFLnya di bawah 550.

      Intinya harus berbaik sangka terhadap Allah SWT bahwa apa yang kamu dapatkan di hidup ini adalah yang terbaik bagi kamu.🙂
      Selamat menjalankan ibadah puasa juga ya!😀

      Good luck menanti pengumuman beasiswa😀

  77. kak mau nnya, di persyaratan kan ad minta nilai UN, kan klo pndftran bulan maret atau april kn nilai UN nya belum keluar. jd itu gmn kak?apa cuma lampirin nilai rapor. aku mau nnya2 aja dlu. ak kls 3 sma skrg. mkasih.di balas ya

  78. Taun ini gw ikut seleksinya.. Tp di seleksi ke-4 gugur (interview kedua). Gw mau tanya pas jaman lo brp kali interview? Trus smpe ke level wakil direktur cimb niaga ga?

    Oiya, klo blh tau angkatan lo yg diambil brp org?

    • Halo Ki,
      jaman gw ya? Seinget gw itu 2 kali interview, interview yang kedua oleh perwakilan dari CIMB Group, Malaysia.
      Angkatan gw yang diambil 5 orang in total.

  79. Mas Bambang, saya ingin bertanya bila dalam masa kuliah nilai kan harus min. 3.00, bila ada saat dibawah 3.00 gimana, apakah kita kena denda atau sanksi, atau kita diberi kesempatan lagi ?
    Mohon informasinya dan terima kasih atas infonya ya..
    Wasalam

    • halo Fenny, ini Bintang, bukan Bambang. hehe

      Anyway, kalau IP kita di bawah 3.00 ada perjanjian bahwa akan ada sanksi, misalnya uang bulanan dipotong berapa persen. Tapi, kalau dua semester berturut-turut IP di bawah 3.00, maka beasiswa akan di putus🙂

  80. Halo kak bepe, makasih banget ya tulisannya, pas sama yg aku cari😀
    Kak, aku baru naik kelas 12 dan aku belum lama ini tau soal beasiswa dari cimb niaga. Kira2 kalo tahun 2013 buka beasiswa juga ga kak? Soalnya 2012 ini ga buka :O
    Agak ciut ni kak pas tau yg diterima 5 orang. Dikit kak, pasti saingannya wow wow gitu. Oiya, dulu pas kak bepe yg daftar brapa orang?
    Terus wawancaranya pake bahasa indo apa inggris?
    Beneran kak sertifikatnya boleh dari SD? Aaaa, aku SMA ini ga pernah ikut lomba soalnya😦
    Salam kenal kak bepe, sorry ya aku panggil bepe, biar gampang. Gapapa kan? Hahahaha

    • Halo Farida🙂
      Sampai saat ini belum ada informasi mengenai kelanjutan program beasiswa ini. Untuk sedikit cerita aja, waktu itu yang daftar ada sekitar 1067 orang kalau saya tidak salah. Wawancara dua bahasa, ada yang Indonesia ada yang menggunakan bahasa Inggris juga. Mengenai sertifikat, sertain aja apa yang kamu ada. Partisipan kek, menang kek, yang penting jangan kosong🙂

      • Sip sip (y) makasih banget kak infonya🙂
        Semoga tahun depan buka program ini lagi
        Oiya, selamat menjalankan ibadah puasa yaa hehehe😀

    • halo Nazira🙂
      Sorry for the late response yaa.
      Sampai saat ini belum ada info lagi nih mengenai kelanjutan program beasiswa ini😦

  81. Pingback: Beasiswa CIMB Niaga Overseas 2010 - AMYunus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s